Inilah Alasan Malaysia Ngotot Bangun Jembatan Malaka

Posted: Januari 3, 2011 in Kumpulan Artikel Berita Internasional, Kumpulan Artikel Berita Nasional, Kumpulan Artikel Sejarah

Banyak dugaan yang mengindikasikan kenapa Malaysia begitu ngotot untuk segera membangun jembatan Selat Malaka yang menghubungkan Riau dengan Malaka di semenanjung Malaya, Malaysia.

R Prabowo, Direktur PT Bangungraha Sejahtera Mulia Agung yang juga menjadi konsorsium Jembatan Selat Sunda (JSS) menuding alasan Malaysia begitu berniat membangun Jembatan Selat Malaka karena Malaysia memiliki kepentingan besar terhadap Sumatera.

“Malaysia ngotot ingin menyambungkan negaranya dengan Sumatera karena Malaysia melihat Sumatera lumbung sumber bahan baku dan pasar yang besar.

Dia mengakui, saat ini Malaysia memang lebih maju secara ekonomi dari Indonesia. Alasan Malaysia untuk membangun Jembatan Selat Malaka sangat beralasan karena begitu menariknya Indonesia bagi negeri serumpun tersebut.

Jadi Agung pun menekankan kembali masalah konektivitas antara pulau Jawa dan Sumatera, dalam hal ini adalah jembatan Selat Sunda, karena hal ini bisa menggerakkan ekonomi kedua wilayah dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya rencana pembangunan jembatan yang membelah Selat Malaka, menghubungkan Pulau Rupat, Indonesia, dengan Teluk Gong, Malaysia, ternyata direspon dengan lebih proaktif oleh pihak Malaysia.

Bahkan, Malaysia sendiri sudah membuat perusahaan khusus untuk membangun jembatan tersebut, bernama PT Malaka Straits Corporation.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s