Makam Ibu Inggit Terancam Ambruk

Posted: Desember 19, 2010 in Kumpulan Artikel Berita Nasional

Bandung: Kondisi makam Ibu Inggit Garnarsih, istri proklamator Soekarno, di TPU Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Enam pilar penyangganya miring 20 derajat dan nyaris roboh karena dimakan usia.

Pengurus makam Oneng Rohiman, baru-baru ini, mengatakan, kondisi makam yang memprihatinkan sudah terjadi sejak setahun silam. Jika hujan turun, makam tersebut langsung basah diguyur air karena atapnya rusak. Bila kondisi ini terus dibiarkan, bukan tak mungkin, cungkup makam akan roboh.

Tak hanya tiang penyangga, lantai keramik serta sebagian temboknya juga pecah. Pilarnya terus bergeser karena adanya pergerakan tanah. Ironisnya, hingga saat ini belum ada upaya perbaikan makam, baik dari dari pihak keluarga maupun pemerintah.

Oneng Rohiman menambahkan, sejak dibangun pada 1990, area pemakaman Ibu Inggit pernah direnovasi oleh mantan Wakil Gubernur Jabar Numan Abdul Hakim. Biasanya makam tersebut selalu ramai dikunjungi pada saat hari Kemerdekaan Indonesia. Mereka yang datang umumnya para pejuang dari berbagai daerah serta sejumlah pengurus partai politik bila menjelang pemilihan umum.

Di area makam terdapat sejumlah foto Ibu Inggit bersama Soekarno. Ada juga sebuah cermin yang terpasang tepat berada di atas makam. Sebagai aset yang mempunyai nilai sejarah, diharapkan makam tersebut segera diperbaiki.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s