Kejagung Belum Bersikap Atas Putusan Hesham-Rafat

Posted: Desember 16, 2010 in Kumpulan Artikel Berita Nasional

Kejaksaan Agung belum bersikap untuk mengajukan upaya hukum banding terkait putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memvonis terdakwa kasus Bank Century, Hesham Al Waraq dan Rafat Ali Rizvi, dengan 15 tahun penjara.

“Kita akan pikir-pikir dahulu guna menentukan apakah akan mengajukan upaya hukum banding atau tidak,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Babul Khoir Harahap, di Jakarta, Kamis.

Seperti diketahui, vonis terhadap kedua terdakwa yang disidangkan secara “in absentia” atau tidak dihadiri terdakwa itu, lebih rendah dibandingkan tuntutan penuntut umum dengan 20 tahun kurungan.

Kapuspenkum menyatakan sebenarnya vonis 15 tahun penjara itu, sudah memenuhi dua per tiga dari tuntutan.

“Tapi tetap kami harus melaporkan ke pimpinan, hingga kami harus bersikap pikir-pikir dahulu untuk melihat isi dari vonis itu. Dalam waktu satu pekan akan ada sikap dari penuntut umum,” katanya.

Seperti diketahui, Hesham-Rafat dinilai telah melakukan praktik perbankan yang tidak sehat dengan menempatkan sejumlah surat-surat berharga yang tidak ada nilainya, seperti sertifikat deposito sebesar 26 juta dolar AS di West LB dengan jatuh tempo 30 September 2008.

Selain itu juga sertifikat deposito 26 juta dolar AS di Banca Populare Milano Bank jatuh tempo 30 Oktober 2008, sertifikat deposito 52 juta dolar AS di National Australia London jatuh tempo 3 November 2008, sertifikat deposito 26 juta dolar AS di Nomura bank International, Plc jatuh tempo 12 Desember 2008, dan sertifikat deposito 8 juta dolar AS di Lehman Brothers dengan terminiasi 15 Maret 2004 diperpanjang sampai 15 September 2004.

Dengan hal ini Bank Century mengalami kesulitan likuiditas dan memaksa pemerintah melalui LPS mengucurkan dana talangan Rp6,7 triliun. Hesham dan Rafat menyumbang kerugian sebanyak Rp3,1 triliun dan Robert Tantular Cs merugikan Bank Century sebanyak Rp2,7 triliun.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s