Nyanyian Sendu Benteng Somba Opu

Posted: Desember 14, 2010 in Kumpulan Artikel Sejarah

Pernah dihancurkan VOC, kini reruntuhan Benteng Somba Opu justru tergusur oleh sebuah proyek rekreasi.

William Wallace, ilmuwan Inggris yang legendaris itu, pernah menyebut Benteng Somba Opu adalah benteng terkuat di Nusantara. Terletak di Jalan Daeng Tata, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, sekitar enam kilometer sebelah selatan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, komplek benteng berbentuk segi empat ini berdiri di atas lahan seluas 1.500 hektar.

Sempat ramai dikunjungi para pedagang Asia dan Eropa–karena kawasan ini memang pernah menjadi pusat perdagangan dunia, benteng ini dikuasai oleh serikat dagang dari Belanda, VOC, 24 Juni 1669 dan kemudian dihancurkan.

Jadi, benteng Somba Opu sekarang ini lebih tepat disebut sebagai bekas reruntuhan namun tetap terlihat betapa kokoh arsitekturnya. Sayangnya, saksi sejarah kegigihan Sultan Hasanuddin serta rakyatnya mempertahankan kedaulatan negerinya, segera tergusur. Sebagian areal dari komplek situs bersejarah ini akan diratakan dengan tanah dan di atasnya akan dibangun proyek rekreasi yang dinamakan Gowa Discovery Park.

Tempo Interaktif melaporkan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 17 Tahun 2010 yang menyetujui nota kesepahaman pemerintah dengan PT Mirah Megah Wisata milik Zaenal Tayeb mengenai pembangunan dan pengelolaan Somba Opu. Peletakan batu pertama dilakukan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 18 Oktober lalu.

Saya sendiri sempat mengunjungi Benteng Somba Opu akhir pekan lalu: Proyek ini sendiri memang sudah dimulai. Areal Somba Opu yang terkena proyek ini berada persis di belakang Anjungan Tana Toraja. Terlihat dari sejumlah traktor, alat berat dan truk-truk di lokasi proyek. Beberapa tiang-tiang baru sudah mulai berdiri.

Keputusan ini memicu protes publik setempat. Mulai dari penggiat budaya, arkeolog hingga blogger dan komunitas online menyatakan keprihatinannya soal rencana pembangunan ini. Simak keprihatinan Irayani Queencyputri, blogger dan salah seorang pendiri komunitas online Anging Mammiri via video berikut ini.


Share

Komentar
  1. bisot mengatakan:

    silahkan bergabung dan sampaikan aspirasinya disini kawan: http://savebentengsombaopu.com/petisi-online/

    sebelum Somba Opu hanya tinggal kenangan

    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s