Kita dan Air Hujan

Posted: Desember 9, 2010 in Kumpulan Artikel Cinta

Saat hujan dicaci-maki, saat kering di cari-cari. Itulah air hujan. Air hujan pada hakekatnya merupakan berkat dari “langit” yang dimampukan dengan adanya siklus air di Bumi kita ini. Memang air hujan adalah bagian dari siklus air yang pernah saya tampilkan pada artikel Fakta Air di Bumi.

Air hujan memang akan terus menerus ada karena siklus tersebut. Tetapi dengan adanya pergantian musim, maka hujan pun akan diganti dengan musim kemarau. Air hujan yang jatuh di kebanyakan tempat di kota-kota besar pun tidak terserap ke dalam tanah, malah terbuang ke got yang akhirnya meluap dan menyebabkan banjir.

Buku “Air Hujan dan Kita” ini memberi petunjuk bagaimana memperoleh dan menggunakan air hujan bagi kebutuhan sendiri atau kelompok. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan desain-desain menarik yang sangat mudah dan murah dalam implementasinya.

Salah satu hal yang banyak terjadi akhir-akhir ini adalah kebakaran, baik di Indonesia, Australia maupun di California, Amerika. Banyak sekali rumah-rumah yang terbakar dan tidak dapat di selamatkan karena tidak adanya air yang dapat membantu memadamkan api. Padahal bila kita kumpulkan air tersebut sebelumnya, maka air pun tanpa kita pompa dari dalam tanah sudah bisa tersedia di tangki penyimpanan. Air hujan dapat dimanfaatkan secara efektif saat darurat, untuk air minum atau nonminum, seperti memadamkan api, menyiram toilet, mencuci, membersihkan barang, atau menyirami tanaman, dan lain-lain. Tinggal kemauan kita untuk membuat tempat tangkapan airnya dan yang lebih baik lagi adalah membuat sumur resapan dari air yang luber atau kebanyakan dari tangki air kita tersebut sehingga kita juga menambah cadangan air dalam tanah.

Saya sudah pernah menulis dan menyarankan kepada para pembaca untuk membuat Tong Penangkap Air Hujan yang sangat praktis. Buku “Air Hujan dan Kita” memberikan lebih banyak lagi pilihan desain tong penangkap air hujan tersebut yang sangat kreatif, indah dilihat dan sangat berguna.

Saya sangat menyarankan anda untuk membeli buku ini karena bukan saja akan membuka wawasan tetapi juga mungkin akan muncul ide-ide baru yang dapat diimplementasikan di Indonesia.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s