Arsip untuk Desember 9, 2010

Bagi sebagian orang ijazah dari perguruan tinggi adalah faktor yang menentukan kesuksesan di masa depan. Tapi bagi tiga jagoan IT dunia, ijazah ternyata bukanlah satu-satunya kunci untuk meraih kesuksesan.

Tahukah anda bila nama-nama besar seperti pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri Apple Steve Jobs, dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg meraih sukses tanpa berbekal ijazah dari tempat kuliah masing-masing. Demikian dilansir Xinhua, Selasa (11/5/2010).

Gates bahkan dikenal sebagai orang paling sukses yang dikeluarkan dari kampusnya di Harvard University. Suami dari Mellinda ini, masuk Harvard di tahun 1973, tapi dua tahun kemudian keluar dari kampus dan bersama temannya Paul Allen ia mendirikan Microsoft.

Pria yang pernah dinobatkan dalam jajaran pria terkaya dunia selama satu dekade itu, akhirnya mendapat gelar Doktor Honoris Clausa dari bekas kampusnya di tahun 2007. “Mungkin saya membawa pengaruh yang buruk,” canda Gates.

Jagoan IT berikutnya, Steve Jobs diketahui drop out dari Reed College. Ia hanya duduk di kampus tersebut kurang lebih enam bulan. setelah itu ia fokus untuk mendirikan Apple, neXT Computer dan Pixar. Karya-karyanya telah mempengaruhi pengembangan dunia komputer di Dunia.

Seolah mengikuti jejak kakak tingkatnya, pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga meninggalkan bangku kampusnya di Harvard. Tapi situs jejaring pertemanannya yang dikembangkannya telah membius jutaan orang di dunia dan menghasilkan uang setidaknya sekira USD4 juta.

Diluar nama-nama ‘jagoan’ IT tersebut, juga banyak bintang terkenal yang juga meraih kesuksesan tanpa berbekal ijazah perguruan tinggi, sebut saja aktor Tom Hanks, Harisson Ford, Lady Gaga, hingga James Cameron.


Share

Cinta Dan Birahi Suci

Posted: Desember 9, 2010 in Puisi
Tag:, , , , ,

      Dengarkanlah ini, Cinta
      sedesir hembusan kerinduan
      dari denyut dan dengus birahi yang masih suci
      kugubah dalam lyrik-lyrik kecil dan bersahaja

      Ini adalah pengalaman terindah
      yang merasuk ke sanubari
      tentang mimpi-mimpiku denganmu
      penuh gairah dan misteri

      Hingga fajar beranjak aku masih tegar mengenangmu
      Dan pada rona lazuardi yang tersenyum ramah
      Ku sertakan asa di ubun matahari yang masih merah
      agar menerangi hati dan kasihmu

      Cinta
      Dimana gerangan engkau
      Betapa rindunya aku, hari ini.


Share

Entah ada apa dengan malam ini, ketika aku membuka suatu buku simpananku di masa kuliah dulu, aku menemukan secariK kertas lusuh yang tersimpan rapih di tumpukan buku-buku kuliahku. kertas itu bukan tentang isi kuliah aku atau beberapa kertas catatan utangku di masa kuliah dulU terhadap teman-temanku, hahahaaaa… memalukan sekali ya ( maklumlah hidup merantau, harus rajin-rajin gali lobang tutup lobang ).
Kembali lagi kepada kertas itu, aku sangat kaget ketika membacanya, ternyata itu suatu catatan pribadi ku tentang sosok wanita yang aku kenal selama belasan tahun.

Ini beberapa tulisanku di masa lalu aku tanpa kesadaranku menulis untuk dia.

” Catatan Bunga Hitam “

28 – 08 – 2007
Hatiku kembali terikat oleh seseorang. Terikat dalam arti ada yang membuat diriku terdiam sejenak saat aku melihatnya. Aku tak tau kenapa ini bisa terjadi. Aku bertanya, kenapa sangat mudah bagi diriku untuk melupakan seseorang yang dulu pernah singgah di hidupku? Seseorang yang dulu pernah mewarnai hari-hariku, seseorang yang dulu aku bangga-banggakan kepada orangtuaku, dan seseorang yang dulu pernah mengatakan “anak laki-laki ngga’ boleh cenggeng”. Tapi semua itu sudah berakhir. Dan kini aku telah menemukan pengganti dirinya. Sosok wajah yang sebenarnya sudah aku kenal beberapa tahun yang lalu. Tapi mungkin aku terkadang luput untuk memperhatikan dirinya. Aku baru menyadari sekitar dua minggu ini, saat aku bertemu meminta dia untuk mau bertemu denganku dengan berlatar belakangkan betemu sahabat lama. Dalam hatiku awalnya hanya iseng yang terucap, “ternyata dia manis juga, ya!” Tetapi setelah ucapan iseng itu, pikiran dan mataku selalu tertuju pada dirinya ketika aku selalu membuka suatu account jejaring sosial milik dia. Dia, dia yang begitu menawan seperti rembulan bercahaya. Setiap melihat senyumnya pun, aku tak tahan untuk segera membalas senyuman manisnya. Lamunanku terisi oleh bayang-bayang wajahnya…Jika Yang berkuasa berkehendak, aku mohon dia bisa hadir dalam hidupku.

GSP, miss u..!!!!

Untuk Dia disana, aku bangga terhadapmu untuk semua hal yang pernah kamu perjuangkan selama ini.


Share

Kesalahan Itu….

Posted: Desember 9, 2010 in Puisi

Bila aku harus mengulangi hidup ini,
Aku akan membuat kesalahan-kesalahan yang sama,
tetapi akan aku pastikan bahwa aku menemukan kesalahan-kesalahan itu jauh lebih awal.
Sehingga, penyesalan tak akan datang menjemput dan meng-elukanku.
Aku Tidak tau takdirku, tetapi aku tau hak-ku untuk mengubahnya.

Bila Banci Menjadi Pramugari

Posted: Desember 9, 2010 in Kumpulan Cerita

Ledis en jentelmen, bekudis tempel semen, sesuai
peraturan penerbangan,
jadi eike mawar kasi liat cara pake itu sabuk yang ada
di pinggang yey,
baju buat mengapung-apung, dan masker oksigen dikala
napas sesek.

biar yey nantinya bisa selamet, coba sini diliat dulu
cara pasang itu
sabuk
yang melilit di pinggang yey, cara ngunci biar gak
gampang lepas,
ngencengin, dan ngelepasinnya.

baju ngapung ada di bawah kursi yang yey dudukin,
jangan dipake kecuali
nanti mas kapiten ngajak berenang bareng. eit jangan
lupa, itu barang
jangan yey pindah-pindahin yaa, apalagi dibawa pulang
buat pajangan
salon.
yang ketauan sama eike, bakalan ditabok kanan kiri
atas bawah depan
belakang deh ih…

cara make’nya, itu baju dikalungin di leher yey, ati
ati kekencengan
tar
gak bisa napas. makanya kudu ati-ati deh yah.

biar bisa ngapung, yey tarik itu pencetan warna merah
delima, atau yey
tiup
itu pipa nya. kalo nanti keluar lewat jendela darurat,
itu baju apung
dikembangin pas di luar aja deh, nanti mampet di
jendela karena gak
muat.
aihh.. ampe kritiing tangan eike narikin pencetannya
keras amirr..
gimana
sih nih..

eh, asal yey semua pada tau ya, ini pesawat ada dua
pintu darurat di
depan,
ada dua di belakang, dan ada dua lagi jendela darurat
di tengah-tengah.
jadi keluarnya jangan rebutan ya.

kalo nanti tiba-tiba napas sesek dan bukan karena
sabuk yang di
pinggang
kekencengan bukan pula karena salah masang pelampung,
masker oksigen
bakalan nongol dari atas kepala yey, tarik aje dah
trus napas kayak
biasa.
kalo ada anak kecil, yey yey yang ude tuwir mesti
nolongin anaknya dulu
baru yey pake sendiri.

kartu gambar biar selamet ada di kantong kursi di
depan yey duduk,
silakan
dibaca dan dihayati dengan seksama yaaah..
endang sukamti cintya lamusu, terimakasi God blesss
yuuu… mariii.


Share

Kita dan Air Hujan

Posted: Desember 9, 2010 in Kumpulan Artikel Cinta

Saat hujan dicaci-maki, saat kering di cari-cari. Itulah air hujan. Air hujan pada hakekatnya merupakan berkat dari “langit” yang dimampukan dengan adanya siklus air di Bumi kita ini. Memang air hujan adalah bagian dari siklus air yang pernah saya tampilkan pada artikel Fakta Air di Bumi.

Air hujan memang akan terus menerus ada karena siklus tersebut. Tetapi dengan adanya pergantian musim, maka hujan pun akan diganti dengan musim kemarau. Air hujan yang jatuh di kebanyakan tempat di kota-kota besar pun tidak terserap ke dalam tanah, malah terbuang ke got yang akhirnya meluap dan menyebabkan banjir.

Buku “Air Hujan dan Kita” ini memberi petunjuk bagaimana memperoleh dan menggunakan air hujan bagi kebutuhan sendiri atau kelompok. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan desain-desain menarik yang sangat mudah dan murah dalam implementasinya.

Salah satu hal yang banyak terjadi akhir-akhir ini adalah kebakaran, baik di Indonesia, Australia maupun di California, Amerika. Banyak sekali rumah-rumah yang terbakar dan tidak dapat di selamatkan karena tidak adanya air yang dapat membantu memadamkan api. Padahal bila kita kumpulkan air tersebut sebelumnya, maka air pun tanpa kita pompa dari dalam tanah sudah bisa tersedia di tangki penyimpanan. Air hujan dapat dimanfaatkan secara efektif saat darurat, untuk air minum atau nonminum, seperti memadamkan api, menyiram toilet, mencuci, membersihkan barang, atau menyirami tanaman, dan lain-lain. Tinggal kemauan kita untuk membuat tempat tangkapan airnya dan yang lebih baik lagi adalah membuat sumur resapan dari air yang luber atau kebanyakan dari tangki air kita tersebut sehingga kita juga menambah cadangan air dalam tanah.

Saya sudah pernah menulis dan menyarankan kepada para pembaca untuk membuat Tong Penangkap Air Hujan yang sangat praktis. Buku “Air Hujan dan Kita” memberikan lebih banyak lagi pilihan desain tong penangkap air hujan tersebut yang sangat kreatif, indah dilihat dan sangat berguna.

Saya sangat menyarankan anda untuk membeli buku ini karena bukan saja akan membuka wawasan tetapi juga mungkin akan muncul ide-ide baru yang dapat diimplementasikan di Indonesia.


Share

Harga beras di Jawa Timur terus melambung jauh di atas harga pembelian pemerintah. Karena harga yang terlalu tinggi, Perum Bulog Divisi Regional Jawa Timur menghentikan penyerapan beras.

“Harga gabah dan beras di pasar terlampau tinggi, jauh di atas harga pembelian pemerintah (HPP). Karena itu, pengadaan beras untuk sementara kami hentikan. Awal tahun depan semoga sudah ada panen lagi dan harga beras kembali normal,” kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jatim Agusdin Fariedh, Rabu (8/12/2010) di Surabaya.

Meski menghentikan serapan beras, Perum Bulog Divre Jatim kini masih memiliki persediaan beras sebanyak 163.000 ton. Stok beras ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di Jatim dalam tiga bulan ke depan.

Menurut Fariedh, harga beras kelas medium di pasar kini mencapai kisaran Rp 6.200 hingga Rp 6.300 per kilogram. Sedangkan harga gabah kering panen (GKP) mencapai Rp 3.200 per kilogram dan harga gabah kering giling (GKG) sekitar Rp 3.900 per kilogram.

Harga tersebut jauh di atas HPP yang ditetapkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2009 tentang kebijakan perberasan. Sesuai HPP, harga beras kelas medium dengan kadar air maksimal 14 persen dan kadar hampa maksimal 3 persen Rp 5.060 per kilogram, sedangkan harga GKP di petani Rp 2.640 per kilogram dan harga GKG Rp 3.300 per kilogram.

Nisa (30) pembeli beras di Pasar PPI, Jalan Gresik, Surabaya mengungkapkan, harga beras medium di pasar tersebut bahkan telah mencapai Rp 7.000 per kilogram. Harga ini jauh di atas kondisi biasanya yang hanya mencapai kisaran Rp 5.500 hingga Rp 6.000 per kilogram.

Operasi pasar khusus

Untuk meredam dampak kenaikan harga beras, Perum Bulog Divre Jatim minggu ini menggelontor kan operasi pasar khusus (OPK) yang hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau biasa disebut rumah tangga sasaran (RTS). Operasi pasar ini diperuntukkan bagi 3.079.822 RTS di seluruh Jatim.

“OPK kami salurkan setelah masyarakat miskin atau RTS menerima beras masyarakat miskin (raskin) bulan Desember. Penyaluran OPK diharapkan lebih mencapai sasaran karena masyarakat kecillah yang paling terkena dampak kenaikan harga,” papar Fariedh.

Sebelumnya, Perum Bulog Divre Jatim telah membuka operasi pasar reguler di Surabaya dan Malang, Namun, minat masyarakat kecil. Beras yang terjual hanya sekitar 15 ton.

Harga beras OPK sama seperti beras raskin yaitu Rp 1.600 per kilogram. Demikian pula, penerimaan beras setiap RTS juga sama seperti beras raskin, yaitu 15 kilogram beras per RTS.


Share

Korea Utara menembakkan artileri di perairan pantai baratnya, Rabu, dan sempat membuat pasar keuangan Korea Selatan gelisah. Walau demikian, pasar segera pulih setelah media memberitakan bahwa itu hanyalah latihan militer.

Seorang pejabat militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, pada pukul 09.04 waktu setempat, sejumlah peluru artileri jatuh di daerah Korea Utara (Korut) di utara Garis Perbatasan Utara. Penembakan yang menurut media lokal merupakan latihan militer itu terjadi hanya dua minggu setelah Korut menembaki sebuah pulau Korsel dekat perbatasan yang disengketakan di lepas pantai barat semenanjung Korea yang terbagi dua itu.

Latihan dilakukan saat pejabat penting militer Amerika Serikat mengunjungi Seoul. Di sana mereka mendesak China untuk bertindak sebagai satu pemimpin dunia dan mengekang Korut selaku sekutunya untuk memperingatkan bahwa “orang jahat” dari Pyongyang akan terus berusaha mengacaukan kawasan itu. Laksamana Mike Mullen, Ketua Gabungan Kepala Staf AS, mengunjungi ibu kota Korsel, Seoul, untuk menunjukkan komitmen dan solidaritasnya pada sekutu AS itu setelah Korut memberikan serangan dan mengungkapkan kemajuan bidang nuklirnya.

Dalam sebuah indikasi kegiatan diplomatik yang muncul sejak Korut menyerang sebuah pulau Korsel, surat kabar The Washington Post memberitakan bahwa Gubernur New Mexico Bill Richardson mungkin akan mengunjungi Pyongyang pekan depan untuk menjalani sebuah perundingan pribadi dengan para pejabat penting atas undangan orang penting di sana. Kunjungan Mullen ke Korsel dan Jepang menyusul perundingan di Washington, Senin, antara Menlu AS Hillary Clinton dan sejawat-sejawat dari Korsel dan Jepang. Ketiga menlu itu menyatakan sangat cemas atas serangan-serangan Korut dan menyerukan China melakukan tindakan terhadap sekutunya yang suka melawan itu.

Selasa, Beijing mengancam balik AS dan sekutu-sekutu Asianya atas penolakan mereka untuk berunding dengan Korut. Mereka mengatakan, dialog adalah satu-satunya jalan untuk meredakan ketegangan yang meningkat di semenanjung Korea itu. Namun, Mullen mengatakan, China harus berbuat lebih banyak karena ekonomi mereka tergantung pada stabilitas.

“Mereka adalah pemimpin dunia dan para pemimpin harus berusaha, terutama untuk mencegah krisis-krisis dan mencegah kegiatan-kegiatan yang membuat ketidakstabilan yang sangat jelas datang dari para pemimpin di Pyongyang,” katanya. China menganggap Korut sebagai salah satu penyangga strategis terhadap Korsel (sekutu AS), juga mitra dagang dan penyumbang terbesar terhadap Pyongyang.

Menurut pejabat itu, Wakil Menlu AS Jim Steinberg akan memimpin delegasi AS ke China pekan depan dalam usaha membujuk Beijing untuk lebih menekan Pyongyang walaupun China khawatir bahwa ini mungkin membuat Korut goyah. Ketika Korsel melancarkan latihan militernya sendiri dengan menggunakan peluru tajam, Mullen akan bertemu dengan para pejabat senior militer Korsel dan Presiden Lee Myung-bak. Lee mengatakan, ia akan mengubah pulau yang diserang bulan lalu itu dan empat pulau lainnya menjadi benteng militer.

Mullen mengatakan, ia ingin meninjau berbagai latihan militer Korsel yang direncanakan akan diselenggarakan dalam bulan-bulan depan dan bekerja sama dengan Seoul untuk menenangkan situasi.


Share

Tan Swie Ling menggoreskan tanda tangan di sebuah maket sampul buku karyanya, Rabu (8/12/2010) di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.

Tan Swie Ling mengajak seluruh masyarakat Indonesia melakukan renungan atas apa yang terjadi dalam G-30-S dan pasca-gerakan itu. Ia menilai G-30-S tidak hanya menghancurkan partai politik tertentu, tapi juga nation atau rasa kebangsaan dari Indonesia.

Hal itu dikatakan Tan dalam peluncuran bukunya, Rabu (8/12/2010) di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jalan Salemba Raya, Jakarta. Dia menjadi salah satu dari dua saksi dalam persidangan Ketua PKI terakhir, Sudisman, di Mahmilub (Mahkamah Militer Luar Biasa) pada tahun 1967.

Kepada hadirin yang memadati lokasi peluncuran bukunya, Tan mempertanyakan apakah PKI (Partai Komunis Indonesia) menjadi dalang peristiwa G-30-S? “Benarkah peristiwa G-30-S yang pernah belasan tahun jadi film tontonan wajib ini didalangi oleh PKI?” kata dia.

Tan menegaskan, selain PKI, peristiwa G-30-S juga menghancurkan semangat nasionalisme. Melalui buku berjudul G30S, Perang Dingin dan Kehancuran Nasionalisme; Pemikiran Cina Jelata Korban Orba, ia berusaha ingin membangun kebangsaan dari rakyat Indonesia. “Saya berusaha memberi semangat sinergi Indonesia,” kata Tan.

“Semoga bangsa Indonesia tidak mudah melakukan kambing hitam terhadap anak bangsa sendiri,” pungkasnya di akhir kata sambutan.

Akibat dari kesaksiannya dalam persidangan Sudisman (1967), Tan harus mendekam di bui selama 4.747 hari atau lebih dari 13 tahun.

Selama di penjara, Tan mengalami siksaan fisik secara brutal dan sadis. Setelah bebas, dia menerima segala macam diskriminasi, ancaman, dan pemerasan selama Orde Baru.


Share