Melon, Kaya Antioksidan Dan Luluhkan Stres

Posted: Desember 8, 2010 in Kumpulan Artkel Kesehatan

Buah Melon, buah sederhana yang kerap digunakan sebagai campuran salad atau minuman seperti jus dan es buah. Sungguh tak disangka, bahwa ternyata buah yang sering kita makan ini mengandung banyak antioksidan dan mengusir stres tubuh lho.

Cokelat dan teh memang kita kenal sebagai minuman yang kaya akan antioksidan dan mampu menendang jauh stres dari tubuh. Namun mungkin Anda belum banyak mendengar bahwa buah Melon, buah yang berwarna hijau dan terkadang orange ini ternyata juga kaya antioksidan dan efektif untuk menendang stres jauh-jauh dari tubuh Anda.

Buah Melon kerap digunakan sebagai campuran salad atau minuman seperti jus dan es buah. Tak jarang pula, buah yang mudah ditemukan di supermarket ini dipotong-potong dan disajikan sebagai buah pencuci mulut di setiap pesta atau syukuran. Rasanya manis, teksturnya lunak, dan banyak mengandung air. Ada sensasi dingin dan nyaman setelah menyantap buah yang bernama latin Cucumis melo L ini.

Sebenarnya buah melon masih tergolong suku labu-labuan, karena ia tumbuh merambat. Namun, labu yang satu ini lebih pas digolongkan sebagai buah-buahan

Adalah beberapa peneliti yang menemukan bahwa ternyata buah Melon kaya antioksidan dan dapat melepaskan stres di dalam tubuh. Seperti dicuplik dari Taragana.com, seorang peneliti bernama Marie-Anne Milesi bersama rekannya telah melakukan penelitian pada 70 orang sukarelawan. “Kami ingin membuktikan bahwa antioksidan dalam melon dapat bereaksi dengan stres pada tubuh seseorang,” ungkapnya. 35 orang di antara sukarelawan tersebut diberi konsumsi melon selama beberapa 28 hari, sedangkan 35 lainnya tidak. Dalam 28 hari itu mereka terus mengamati dan mencatat perkembangan masing-masing sukarelawan.

“Setelah 28 hari ternyata 35 orang sukarelawan yang mengonsumsi melon menunjukkan kondisi yang cukup baik, mereka merasa stres dalam diri mereka sedikit berkurang dibandingkan sebelum mengonsumsi melon,” lanjut Marie-Anne. Sedangkan 35 sukarelawan lainnya, masih mengalami tingkat stres yang sama seperti biasanya.

Pun demikian, bukan berarti Anda harus mengonsumsi melon setiap hari juga. Karena buah yang satu ini juga memiliki efek menurunkan tekanan darah. Agar tubuh lebih segar dan terjauh dari stres, kombinasikan saja bermacam-macam buah-buahan sebagai desert, dan tetap lakukan olahraga secara rutin.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s