Fungsi dari Menyendiri

Posted: Desember 8, 2010 in Kumpulan Artkel Kesehatan

Agar dapat selalu tampil dalam kondisi terbaik dan prima secara mental, tiap orang wajib menghabiskan waktunya untuk menyendiri.

Menyendiri bisa jadi merupakan salah satu momen yang mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain. Agar dapat selalu tampil dalam kondisi terbaik dan prima secara mental, tiap orang wajib menghabiskan waktunya untuk menyendiri.

Sebab, dalam masa-masa sendiri ini, seseorang bisa me-recharge ulang kekuatan jiwanya, merenungi situasi yang ia alami, serta menyelidiki perasaannya. Tanpa menyendiri, seseorang bisa kehilangan dirinya, dan itu tidak baik.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda adalah orang yang cukup sibuk, maka masukkan momen menyendiri ini ke dalam salah satu jadwal Anda.

Tak peduli pula berapa lama waktu yang Anda miliki, apakah itu hanya beberapa menit, satu jam, beberapa jam, atau seharian, maka Anda bisa memanjakan diri dengan hal-hal seperti di bawah ini. [break]

Sehari-Hari
Jadwalkan waktu menyendiri setiap hari. Sekalipun jika Anda hanya punya beberapa menit sebelum seisi rumah bangun tidur di pagi hari, maka tetap milikilah waktu rutin untuk menyendiri di pagi hari.

Anda bisa melakukan hobi ringan, misalnya seperti membaca buku, melukis, fotografi, berkebun, atau bahkan senam singkat.

Selain itu, Anda juga bisa menulis dalam sebuah jurnal apa saja yang Anda alami selama seharian itu. Ungkapkan segala perasaan dan pemikiran Anda dengan bebas sebelum kepala Anda menyentuh bantal.

Motivasi diri dengan membaca tulisan-tulisan inspiratif atau berbicaralah tentang hal-hal positif pada diri sendiri.

Pergilah berolahraga sendiri, sehingga saat itu Anda bisa merenung dan berpikir tentang apa yang Anda alami atau yang akan Anda putuskan. [break]

Jika Anda Punya Waktu Sejam
Anda bisa mengunjungi toko buku untuk berburu buku. Namun, jangan memaksakan diri untuk menemukan buku tertentu. Sebaliknya, bukalah mata dan hati Anda untuk buku-buku lain yang menarik perhatian Anda. Jika Anda sudah menemukan buku itu, maka habiskan waktu yang tersisa untuk tenggelam dalam tiap halamannya.

Dengarkan musik dan menarilah dengan bebas seperti waktu Anda masih remaja dulu, atau berkaraoke-lah. Jika Anda malas, maka cukup dengarkan dan nikmati alunan musik yang memberi inspirasi.

Menulis puisi atau mengarang sebuah cerita bisa menjadi sarana pelepas emosi yang sehat.

Mandi sambil membaca buku, dengan ditemani segelas jus anggur, lilin aromaterapi, dan alunan musik bisa membuat Anda rileks. Ssst, jangan lupa kunci pintu agar tidak ada yang mengganggu. [break]

Saat Anda Punya Beberapa Jam
Lakukan kegiatan yang benar-benar membuat Anda senang seperti bungee jumping atau menyelam, raih getaran atau sensasi lebih dengan melakukannya sendirian.

Kerjakan proyek yang mungkin selama ini Anda ingin lakukan seperti berkebun, membuat kue, merajut, melukis taman belakang, atau lainnya.

Ajaklah diri Anda berjalan-jalan, piknik, menyetir, bersepeda, atau bahkan menunggang kuda sendiri. Berhentilah bila Anda menemukan pemandangan yang indah di sekitar tempat itu, dan nikmatilah.

Habiskan waktu di museum atau galeri. Keduanya merupakan tempat yang bagus untuk mengembangkan imajinasi serta merefleksikan hidup Anda.

Pergilah ke pantai, sungai, atau kolam renang. Nikmati sinar matahari, sambil membaca atau mendengarkan musik di sekitar nuansa air itu.[break]

Akhir Pekan
Sesekali luangkan waktu akhir pekan dengan menyendiri. Menabunglah dan gunakan dana itu untuk memanjakan diri tanpa rasa bersalah, karena dijamin Anda tidak akan menyesalinya.

Ajaklah diri berkemah. Bawalah makanan favorit, buku yang bagus, dan berpadulah dengan alam sekitar. Jika Anda tidak nyaman tidur di dalam tenda, maka sewalah kabin atau pondok kecil.

Keliling kota dengan kereta api juga mengasyikkan, jangan lupa untuk mem bebaskan diri menikmati dan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Habiskan weekend Anda di spa, makanlah makanan sehat, berendamlah dalam kolam lumpur, lakukan detoks, nikmati layanan pijat, dan habiskan weekend yang ada dengan bersantai. Anda juga bisa melanjutkannya dengan terapi jalan. Berjalanlah melewati taman yang indah, dan bacalah buku setibanya Anda di sana. Maka Anda pun siap menyambut hari berikutnya dengan kesegaran baru.


Share

Komentar
  1. mas dot mengatakan:

    paling enak di kaki gunung sob…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s