Selamat datang di Timnas Indonesia Gonzales [ MUSTAFA HABIBI ]

Posted: Desember 7, 2010 in Kumpulan Artikel Sepakbola Nasional

Christian Gonzales seorang Muallaf dengan nama Mustafa Habibi memang tidak punya darah Indonesia, dibanding dengan pemain naturalisasi lainnya seperti Jhon Van Beukering (Belanda), Raphael Guilermo Eduardo (Belanda), Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman) dan Irfan Bachdim (sudah berpaspor Indonesia) yang mempunyai darah Indonesia dari orang tuanya atau kakek neneknya. Namun bukan berarti Gonzales yang beristeri orang Indonesia dan sudah 7 tahun bermukim di negeri ini sebagai pesepakbola tidak punya keinginan untuk membela Timnas sama sekali. Gairah di dadanya senantiasa meletup untuk membela Garuda, bahkan bisa saja tidak kalah dengan mereka para pemain local atau keturunan lainnya.

Untunglah ada berita menyegarkan yang datang dari BTN bahwa keinginan Gonzales tersebut ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Ya tepatnya mulai tanggal 1 November 2010 keinginannya menjadi WNI akan terwujud.

Selamat Gonzales, apakah kepakan sayapmu menerbangkan Garuda Merah Putih akan membuat Indonesia jadi disegani di kawasan Asia atau bahkan Dunia?

Sebagai pemain sepakbola, usianya memang relative tidak muda lagi. Pemain kelahiran Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976 dengan tinggi & berat : 177 cm & 79 kg bisa dikatakan sudah kenyang pengalaman. Mungkin itulah pertimbangan BTN merekutnya untuk ikut seleksi Timnas terlebih dahulu di bawah Pelatih Alfred Riedl.

Tapi saya optimis dengan pengalamannya dan karier sepakbolanya seperti berikut :

* 1998-1991 : Penarol (Uruguay)
* 1994/1995 : South America (Uruguay)
* 1995-1998 : Huracan de Carientes (Argentina)
* 1998-2000 : South America (Uruguay)
* 2000-2001 : Sport Moldonado (Uruguay)= 22 kali main, 1 gol
* 2001-2002 : Compo Mayor (Portugal)
* 2003-2004 : PSM Makassar= 56 kali main, 32 gol
* 2005-2009 : Persik Kediri= 102 kali main, 100 gol
* 2009-skrg : Persib Bandung

Mudah-mudahan Alfred Riedl tidak menolaknya. Bagaimanapun juga program yang termasuk jangka pendek ini, Indonesia sangat membutuhkan tenaganya. Terlebih Pelatih Alfred Riedl pernah diultimatum oleh PSSI bahwa jika Indonesia tidak juara di Piala AFF Desember nanti, Riedl akan dipecat.

Jadi harapan kita bersama bahwa Timnas Indonesia akan lebih kuat lagi dengan gabungan pemain local, keturunan dan naturalisasi semoga akan terwujud. Baik di pentas Asia Tenggara, Benua Asia ataupun Dunia setidaknya sudah mulai bergaung dari sekarang! ***


Share

Komentar
  1. UpayFan mengatakan:

    Saya bangga padamu sobat untuk yakin akan memeluk garudaku ini.
    harapanku, jangan kau pudarkan semangat juangmu untuk garudaku di mata dunia.

    SALUTE…!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s