Pengendara Terima Telepon Denda Rp 750.000

Posted: Desember 2, 2010 in Kumpulan Artikel Berita Nasional

, KOMPAS.com – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa menyatakan, pihaknya telah melakukan penindakan terhadap pengendara yang kedapatan menggunakan telepon seluler ketika mengendarai kendaraan bermotor. Penindakan akan dilakukan dengan melayangkan surat tilang sesuai dengan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dengan denda maksimal Rp 750.000.

“Denda maksimal sebesar Rp 750.000 itu sudah tertera sejak UU Nomor 22 tahun 2009 dibuat. Tapi ini denda maksimal, nanti tergantung hakim menentukannya berapa,” kata Royke ketika dihubungi wartawan, Kamis (2/12/2010).

Untuk pelaksanaan, menurut Royke, juga sudah diterapkan sejak Undang-undang ini dibuat. “Ya, kami masih soft saja, masih mengimbau kepada pengendara agar tidak beraktivitas dengan telepon genggam di jalan,” katanya

Royke mengatakan, saat Operasi Zebra digelar pada 8-30 November 2010, pihaknya telah melakukan penindakan terhadap beberapa pengendara. “Kami sudah lakukan tapi belum banyak, sekitar 5-10 pengendara,” katanya.

Ketika ditanyakan apakah ada kesulitan bagi petugas untuk mengawasi pengendara yang menggunakan telepon seluler, Royke mengaku pihaknya tidak kesulitan. “Tidak juga, pengendara banyak kedapatan di jalan tol sama di jalan arteri,” tuturnya.

Larangan penggunaan telepon seluler, menurut Royke masih memberikan toleransi kepada pengendara bila menggunakan perangkat handsfree. “Kalau menggunakan handsfree, masih kami toleransi,” katanya.

Dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, disebutkan pengemudi yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan, dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak Rp 750.000 atau kurungan paling lama 3 bulan.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s