Korut: AS-Korsel Provokatif

Posted: November 29, 2010 in Kumpulan Artikel Berita Internasional

SEOUL, KOMPAS.com – Media milik negara Korea Utara, Senin (29/11), mengatakan, latihan kelautan gabungan yang dilakukan Amerika Serikat dan Korea Selatan di Laut Kuning merupakan provokasi kematian dan sebuah kriminalitas sehingga mengarahkan kawasan itu ke ambang peperangan.

Angkatan Laut AS dan Korsel mengadakan latihan gabungan terbesar yang pernah dilakukan sebagai unjuk kekuatan menantang Korut yang Selasa pekan lalu melancarkan serangan artilerinya ke sebuah pulau Korsel, Yeonpyeong, sehingga menewaskan empat orang.

Latihan selama empat hari, dijuluki Washington sebagai suatu pertahanan, ditujukan untuk memamerkan pertahanan kepada rezim komunis garis keras, dipimpin oleh kapal induk bertenaga nuklir milik AS, USS George Washington.

Kantor Berita Nasional Pyongyang, KCNA, mengusung editorial pada sebuah harian milik pemerintah dari Partai Buruh Korut, Rodong Sinmun, menjuluki latihan itu sebagai provokasi kematian lain dalam menantang Korut yang dilakukan oleh AS dan Korsel. “Tindakan kriminal telah dilakukan Korsel dan AS karena melaksanakan latihan militer besar pada kawasan kritis sehingga memicu keadaan pada tingkat yang sangat menegangkan”.

“Laut Kuning sedang di ambang peperangan akibat provokasi militer mereka,” kata editorial KCNA. Kantor berita itu menambahkan, AS dan Korsel melakukan kesalahan besar jika mereka mencoba meningkatkan desakan dan mengancam Korut dengan kapal induk AS. “Jika AS dan Korsel kembali memprovokasi lagi, kami akan melenyapkan markas para penyerang dan akan membasmi pemicu perang,” tambah editorial tersebut.


Share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s