Ilmu Dasar Dalam Bidang Teknik Mesin

Posted: Februari 14, 2011 in Engineering Study

Ilmu Budaya Dasar (IBD) Bila Di Hubungkan Dengan Teknik Mesin
Segala sesuatu bila dihubungkan dengan ilmu budaya dasar pasti akan berpengaruh kepada kehidupan masyarat itu sendiri, begitu juga dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Contohnya teknik mesin yang berperan sangat besar dalam menunjang perekonomian masyarakat. Bila dijabarkan satu persatu pengertian dari ilmu budaya dasar dan teknik mesin, maka kita akan tahu keterkaitan satu sama lainnya.
Ilmu pengetahuan dan perkembangannya
Ilmu pengetahuan tercipta karena adanya kebutuhan manusia untuk menguasai alam semesta dalam rangka mempertahankan kehidupannya. Sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia, ilmu pengetahuan pun berkembang dengan sangat pesat. Ilmu pengetahuan tidak selalu membuat manusia beradabdan mencapai kesempurnaan hidup, tetapi ilmu pengetahuan juga dapat menjadi bencana bagi manusia dan lingkungannya jika dikelola oleh manusia yang tidak memilik moral kemanusiaan. Meskipun secara umum ilmu pengetahuan lebih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia, tetapi perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri bukannya tanpa kritik. Kalangan postmodernisme mengkritik ilmu pengetahuan modern yang dianggap mereka telah gagal membentuk kepribadian manusia secara utuh.. ilmu pengetahuan modern pada sisi lain telah membuat pribadi manusia terpecah belah oleh kepentingan – kepentingan bisnis, sehingga manusia tidak lagi memiliki jiwa yang independen.
Pengertian budaya
sedangkan pengertian tentang budaya adalah suatu hal yang sudah ada secara turun temurun dari bangsa kita , maupun bangsa lain yang sangat beraneka ragam dan selalu berkembang seirirng dengan globalisasi yang terus menerus hingga saat ini di seluruh peradaban manusia.
Pengertian ilmu dengan teknik
Ilmu teknik adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek teknik , yang terdiri dari suatu proses atau cara-cara untuk melakukan suatu pembuatan dari barang-barang secara sistematis dan produktif untuk melangsungkan proses produksi
Pengertian ilmu dengan mesin
menurut saya adalah ilmu mesin sangat saling berkaittan dengan ilmu teknik yaitu dengan adanya ilmu dengan teknik , misalnya seseorang enginering mampu untuk mengembangkan cara-cara untuk penggunaan secara efesien dengan ilmu pengetauhuan yang telah kita lakukan sejak dini dalam proses belajar mengajar jenjang , SMA MAUPUN SMK untuk hal kejuruan yang memungkinkan untuk kemajuan bangsa Indonesia .
dan ilmu mesin termasuk studi mengenai cara-cara manusia dam masyarakat untuk menggunakan sumber-sumber yang ada abaik itu SDA ,SDM , dan lain-lain yang terbatas yang dapat mempunyai kegunaan-kegunaan suatu alternative ide dalam proses pembelajaran yang memungkinkan berbagai macam barang khususnya mesin-mesin , dan mendistribusikan nya untuk di konsumsi oleh masyarakat untuk jangka waktu sekarang ataupun masa mendatang untuk memenuhi permintaan pasar.
Tetapi , tidak hanya ilmu teknik dan ilmu mesin yang di gunakan dalam teknik mesin untuk menghasilkan suatu barang-barang dlam teknik mesin tetapi disini ada factor penunjang nya yaitu dengan teknologi computer , dimna computer ini di gunakan untuk mengendalikan dan menjalankan serta mengotomatiskan cara system kerja mesin yang akan di buat dalam proses produksi , dan masih banyak yang lainnya suatu ilmu yang sma-sama saling berkaitan , seperti ilmu ekonomi yang menunjang di pasar nya dan lain-lain.
Pengertian Teknik Mesin
Teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari energi dan sumber energinya. teknik mesin mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis. Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Dalam teknik mesin juga diajarkan untuk mengubah sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan, yaitu dengan perlakuan panas ataupun penambangan unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam.Ilmu pengetahuan bila disandingkan dengan teknik sangat erat hubungannya, sedangkan ilmu dengan mesin akan sangat berguna bila keduannya digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Kebudayaan merupakan sesuatu yang sangat mempengaruhi kemajuan ilmu khususnya di bidang teknik mesin. Karena sumber energy dari alam bisa dimanfaatkan dalam bidang teknik mesin dengan mengambil unsur – unsurnya, hal ini secara tidak langsung akan merubah kebudayaan suatu masyarakat yang bisa mengambil keuntungan dari alam dengan mempelajari ilmu dibidang teknik mesin.
Pengertian dari budaya mesin.
Menurut saya budaya mesin tercipta karena adanya suatu perkembangan teknologi yang terkait dlam , pemisalan penciptaan system-sistem serta mesin-mesin , sehingga ini yang membuat budaya mesin terus berkembang , dan intinya karena teknoogi lah yang membuat budaya mesin terus berkembang.
Pengertian tentang kaitannya teknik dasar
Menurut saya maksud dari teknik dasar atau dasar tekink merupakan suatu pembelajaran yang di lakukan oleh seseorang engeeneering dalam khusus teknik mesin , yaitu dengan di ajarkan nya oleh pembimbing dengan suatu pembelajaran awal seperti pembahasan suatu teori-teori tentang bidang tersebut , lalu menuju ke jenjang praktek yang memungkinkan disni mendapatkan sebuah keterampilan dan kemampuan ataua skill , serta penguasaan dalam ilmu untuk menghasilkan suatau barang-barang produksi.
Pengertian dasar-dasar teknik
Dasar-dasar teknik adalah jadi menurut saya tentang dasar teknik di mana kita mendapatkan suatu pembelajaran dari ilmu pengetahuan yang telah di lakukan dalam pembelajaran dalam bentuk yang dasar-dasar , sehingga kita mendapat kan suatu ilmu pengetahuan dari hal tersebut..
Kebudayaan
Kata budaya merupakan bentuk majemuk kata budi-daya yang berarti cipta, karsa, dan rasa. Sebenarnya kata budaya hanya dipakai sebagai singkatan kata kebudayaan, yang berasal dari Bahasa Sangsekerta budhayah yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Budaya atau kebudayaan dalam Bahasa Belanda di istilahkan dengan kata culturur. Dalam bahasa Inggris culture. Sedangkan dalam bahasa Latin dari kata colera. Colera berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan tanah (bertani). Kemudian pengertian ini berkembang dalam arti culture, yaitu sebagai segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam. yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
Selain itu terdapat tiga wujud kebudayaan yaitu :
1. wujud pikiran, gagasan, ide-ide, norma-norma, peraturan,dan sebagainya. Wujud pertama dari kebudayaan ini bersifat abstrak, berada dalam pikiran masing-masing anggota masyarakat di tempat kebudayaan itu hidup;
2. aktifitas kelakuan berpola manusia dalam masyarakat. Sistem sosial terdiri atas aktifitas-aktifitas manusia yang saling berinteraksi, berhubungan serta bergaul satu dengan yang lain setiap saat dan selalu mengikuti pola-pola tertentu berdasarkan adat kelakuan. Sistem sosial ini bersifat nyata atau konkret;
3. Wujud fisik, merupakan seluruh total hasil fisik dari aktifitas perbuatan dan karya manusia dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s